Monday, July 2, 2007

Tahap I - Ngebuat Blog dasar

Di tahap pertama ini, kamu bakal buat Blog pertama kamu di tempat buat Blog gratisan yang paling banyak yang make, Blogger.com

  1. Masuk ke Blogger.com, Blogger.com nyediain layanan gratis untuk ngebuat Blog yang bisa kamu akses darimana aja, kayak email gratisan Yahoo! atau Hotmail. Ada layanan-layanan lain untuk ngebuat Blog, tapi Blogger.com adalah layanan yang paling gampang dan gratis.menggunakan tampilan lama.

  2. Sign Up New Account, liat di kanan bawah itu ada form buat sign up, nah sign up disitu, ikuti instruksinya. Kamu bakal diminta buat ngisi sebuah form standar, nama, alamat email, dan password.

  3. Setelah kamu punya account, kamu perlu buat Blog kamu sekarang, liat di kanan bawah lagi ada "Create a new Blog". Yupe, dengan satu account itu kamu bisa punya beberapa Blog, tapi sekarang yang penting, buat satu dulu aja. Kamu akan diminta ngisi, "Title" dan "Description" Blog kamu, trus juga apakah kamu pengen orang lain bisa liat Blog kamu, di pilihan Yes/No buat "Public Blog". Tenang kalo belum kepikiran, semua ini bisa kamu ganti lagi nanti. Isi dulu aja yang penting.
  4. Terus kamu akan diminta milih, kamu akan tempatin dimana Blog kamu itu. Blogger.com nyediain tempat gratisan di BlogSpot, kalo kamu pilih ini nanti alamat blog kamu bakalan kayak http://namague.blogspot.com. Ini buat awal bisa dipilih karena ga repot. Cuma Blog kamu bakal ada banner ad-nya yang bisa ilang kalo kamu bayar $12/tahun, Rp 9000-an/sebulan. Alternatif ke dua kamu punya tempat gratisan lain buat nyimpen Blog kamu (sebaiknya yang support FTP: File Transport Protocol) misalnya Tripod.com atau Geocities.com (harus bayar buat FTP support-nya) atau lainnya. Tapi pilihan ini bisa kamu ganti-ganti juga nanti.
  5. Kalo kamu pilih BlogSpot kamu bakal ditanya nama apa yang kamu pengen sebagai alamat Blog kamu, http://_____.blogspot.com ini juga, nanti bisa kamu ganti lagi.
  6. Trus kamu perlu milih template desain Blog kamu. Gak bisa desain atau belum pernah desain web sendiri? Jangan kuatir, untuk saat ini Blogger.com nyediain kamu beberapa pilihan yang bisa kamu pilih. Nanti kalo udah belajar HTML dan aplikasi grafis, desain ini bisa kamu rubah-rubah sendiri, atau kamu bisa juga pilih-pilih aja desain orang yang bisa kamu pake di Blogskins (diterangin lebih lanjut di tahap IV)
  7. Dari situ kamu bakal dibawa ke tempat kamu ngedit/ngepost/ngepublish blog kamu. Bagian ini terdiri dari dua bagian gede. Bagian atas adalah tempat kamu nulis apa yang pengen kamu Blog, bagian bawah adalah preview blog kamu dari beberapa post sebelumnya. Semua post yang kamu buat bisa di-edit dan di-delete.
  8. Kalo kamu mau coba, tulis sesuatu misalnya "test" di bagian atas itu, trus pencet "post & publish" di kanan atas. Trus sekarang pencet "view web page" di bagian kiri tengah. Woalaa, kamu lagi liat blog pertama kamu sekarang. Selamat ya :).
  9. Sekarang kalo kamu udah ga tahan, kamu udah bisa mulai nge-blog dan curhat di blog kamu pertama kalinya. Kamu juga udah bisa ngemail-ngemail temen-temen kamu buat ngunjungin Blog kamu, tapi biar keren, Blog kamu perlu didandanin juga nih :), ikutin tahap-tahap selanjutnya.




Tahap II - Basic Blogging

Oke buat mulai ngeblog, kamu perlu sedikit ngerti tentang HTML. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa yang bisa dibaca sama semua Browser kayak Internet Explorer, Netscape, Opera atau Mozilla. Sederhananya, setiap halaman website yang kamu buka tuh adalah satu file HTML, berarti satu file dengan ekstension html atau htm, misalnya filegue.html atau filegue.htm.

Saat ini HTML udah nyampe versi 4.01, dan buat kamu yang pengen belajar serius bisa mulai dari sini, dan yang pengen baca-baca tutorial lengkap yang ga terlalu susah bisa baca ini, ini atau ini.

Oke tapi buat mulai ngisi blog kamu sih ga terlalu susah. Kamu perlu ngerti HTML, tapi ga terlalu banyak, cukup dasar-dasarnya aja.

  1. Struktur HTML, kamu udah tau kalo satu halaman website umumnya adalah satu file HTML, nah satu file HTML ini, isinya sebenernya file *.txt (text) yang bisa kamu buka di Notepad, Wordpad atau Microsoft Word, yang kayaknya sih pasti ada di komputer kamu. Kalo kamu iseng dari browser IE kamu kamu liat "View" diatas, trus ke "Source" nah bakal keliatan deh kode html-nya halaman ini. Struktur dasar dari satu file html adalah:



    ....
    ....
    ....




  2. Nah kalo kamu perhatiin, kamu bakal liat kalo setiap elemen, diatas selalu "dibuka" dan kemudian "ditutup" lagi dengan html tag. Setiap halaman html selalu berada diantara dan , bagian antara dan adalah bagian header yang ga akan keliatan tapi bakal nentuin kelakuan halaman website kamu, sedang bagian antara dan adalah isi dari website kamu nantinya yang bakal ditampilin kalo halaman website itu dibuka. Kalo kamu copy-paste tag html diatas ke notepad, trus save as, misalnya file1.html maka kamu udah punya satu halaman website yang bisa kamu buka di browser kamu.
  3. Ada banyak tag html yang ngatur gimana kamu nampilin sebuah halaman web, tapi kamu perlu baca dan belajar lagi tentang itu. Disini kamu bakal dapet dasar-dasarnya aja, just to get by, biar kamu bisa mulai ngisi Blog kamu. Beberapa tag yang perlu kamu tau buat ngisi Blog di Blogger.com adalah:
  4. Bold tag, dan , apapun yang kamu tulis diantara tag ini bakal jadi bold. Jadi kalo kamu tulis Hallooo maka hasilnya jadi Hallooo.
  5. Italic tag, dan , apapun yang kamu tulis diantara tag ini bakal jadi italic. Jadi kalo kamu tulis Hallooo maka hasilnya akan jadi Hallooo.
  6. Link, ngelink ke website lain adalah sesuatu yang penting di Blog, karena Blog berasal dari Weblog yang mana, mulanya adalah tempat seorang surfer internet mencatat atau me-Log kemana aja dia pergi di Internet. Untuk ngebuat link ini tag-nya Link Gue. Tag ini akan dibaca jadi Link Gue, yang kalo kamu klik akan ngebawa kamu ke www.linkgue.com.
  7. Ketiga tag diatas tadi disediain otomatis ama Blogger.com, kalo kamu liat ke kanan atas, ada simbol-simbol bold, italic dan link yang bisa kamu pake. Kamu tinggal select kata yang mau kamu bold, italic atau link, dan tag htmlnya akan keluar sendiri.
  8. Tag lain yang kamu perluin juga adalah tag buat masukin gambar ke halaman website kamu. Buat masukin gambar tag-nya adalah nah tag ini akan masukin filegambar.jpgfilegambar.jpg kamu. Kalo kamu punya blog di blogspot ini kan ga mungkin, berarti file gambar kamu harus ditaro di server lain. Yang gratisan kamu bisa simpen di geocities, tripod, atau lycos etc. Nah buat ngambil dan nampilinnya gimana, kamu perlu tau alamat gambar yang udah kamu simpen tadi, kalo kamu udah bisa buka gambar yang kamu simpen itu di browser, coba kamu klik kanan trus liat "properties", ntar liat ke bagian "Address (URL)" nya, nah itu alamat gambar kamu, kamu bisa copy-paste tulisan itu, trus kamu masukin ke tag gambar, yang hasil akhirnya jadi ke website kamu. Kalo kamu nulis kayak diatas aja berarti file html kamu, perlu sama lokasinya dengan misalnya. Ini ga perlu gambar kamu doang, kamu juga bisa ambil gambar dari website orang, selama kamu tau alamat dari gambar itu.
  9. Ah pusing aahh ga ngerti! Hehe.. tenang, asal kamu isi blog kamu di Blogger.com aja, kamu udah punya blog kok. Oya ada cara gampang lain buat ngisi blog kamu sambil ga usah belajar HTML dulu, masuk ke wbloggar.com disitu kamu bisa download "w.bloggar", setelah di install, kamu bisa posting ke blog kamu pake w.bloggar itu, tampilannya kayak Microsoft Word kok, jadi lebih gampang, ikutin aja petunjuknya.



Tahap III - Sekitar Blogger.com

Setelah kamu punya account di Blogger.com, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Salah satunya, dengan satu account itu kamu bisa punya beberapa Blog di Blogger.com, hal lainnya adalah setting-setting di Blogger.com, yang kamu perlu tau juga.

1. Tempat utama editing Blog kamu adalah di tampilan editor Blog seperti yang kamu liat dibawah ini, yang bisa kamu liat kalo kamu udah login di Blogger.com terus pilih blog kamu buat di edit.

2. Di bagian kiri atas ada beberapa pilihan yang bisa kamu liat adalah "Posts", "Settings", "Template", "Archive", dan "Team". Bagian "Posts" adalah yang sedang kamu liat sekarang, tiap kali kamu klik "Posts" ini, kamu akan dibawa ke tampilan yang ini lagi. Seperti udah pernah dibilang diatas, bagian "Posts" ini terdiri atas dua bagian besar. Bagian atas adalah halaman kosong tempat kamu nulis posting ke blog kamu yang baru, sedang bagian bawah adalah tempat dimana kamu bisa liat hasil posting kamu yang baru dan posting-posting kamu kemarin-kemarin yang sudah kamu post. Posting-posting kemarin-kemarin ini semua bisa diedit kembali dan bisa dihapus, caranya tinggal kamu klik tulisan "edit" dibawah tiap posting itu.

3. Di bagian kanan selain ada tombol buat bikin link, bold sama italic yang simbolnya sama ama di Microsoft Word ada juga tombol "Post" dan "Post & Publish" nah apa bedanya? Bedanya, kalo post kamu di "Post" doang, maka tulisan kamu baru bisa diliat tampilnya kayak apa dan muncul di bagian bawah dari tampilan editing itu, sedang kalo kamu klik "Post & Publish" posting kamu sekaligus juga ter-publish ke blog kamu yang ada di blogspot atau di tempat lain itu, bisa kamu liat hasilnya.

4. menu kanan atasOk, balik lagi ke tombol-tombol di kiri atas itu. "Posts" kamu udah tahu. "Settings"http://siganteng.blogspot.com trus kamu ga puas kamu pengen ganti jadi http://sigantengbanget.blogspot.com, nah disini tempatnya. :) adalah tempat kamu bisa ngerubah-rubah setting blog kamu yang kamu mau. Dalemnya dibagi tiga bagian "Basic" dimana kamu bisa ganti, "title" sama "description" blog kamu, kamu bisa tentuin blog kamu boleh diliat orang lain ga (public blog? yes or no). Di bagian ini kamu juga bisa ganti posting kamu bakal di publish ke blogspot atau kamu udah punya tempat gratisan lainnya. Kalo masih di blogspot, kamu bisa ganti alamat urlnya juga, misalnya asalnya
5. Bagian lain, masih di "Settings" adalah "formatting" disini kamu bisa ganti format penanggalan, urutan kronologisnya, yang paling baru dulu atau yang paling lama dulu paling atas? dan time zone kamu (buat time zone Jakarta yaitu GMT +7). Di bagian akhir di "Settings" ada bagian "archiving" disini bisa kamu tentuin arsip blog kamu bisa mingguan, bulanan atau ga di arsip sama sekali.
6. Kalo kamu sudah ga lagi publish ke blogspot, kamu bakal ditanya tentang FTP account kamu, di tempat gratisan yang sekarang kamu simpen blog kamu. Misalnya buat yang nyimpen blognya di Tripod.com, maka alamat ftp kamu adalah ftp.tripod.com. Kamu bakal ditanya alamat blog kamu disana, sama gimana login ke ftp itu, user name + password. Tapi yang terakhir ini kalo kamu ga mau isi gapapa juga, ntar tiap kamu publish, kamu bakal ditanyain user name + password-nya. Kamu juga perlu spesifikin nama file html buat blog dan archive kamu.
7. Tombol lainnya adalah "Template", kalo kamu klik kamu bisa dapetin kode html yang ngatur tampilan dan isi halaman blog kamu. Di halaman "Template" ini juga kamu bisa ganti template kamu yang sekarang kalo kamu ga suka, klik "choose a new template" di kanan atas nanti kamu bisa milih disitu template yang kamu suka, tapi hati-hati, kalo kamu milih yang baru, semua perubahan, misalnya nambahin link, di template yang sekarang bakal kehapus, dan bakal make default si template baru itu.
8. Di halaman "Archive" adalah tempat setting-an arsip blog kamu (posting-posting kamu yang udah lama bakal diarsipin). Karena kamu baru mulai berarti belum banyak arsip yang ada. Di sini kamu bisa atur buat misalnya nge-publish ulang arsip-arsip kamu (kalo kamu ganti template, hal ini perlu dikerjain), atau buat nentuin, blog kamu mau di arsipin, tiap minggu atau tiap bulan dan disini kamu juga bisa liat kode html halaman template archive kamu.
9. Di kiri atas itu ada juga tombol "Team", nah seperti namanya, ini ngatur "team" yang ngisi blog kamu itu. Mungkin sekarang kamu ngisi blog kamu itu sendirian, tapi kalo kamu pengen temen-temen kamu buat ngisi blog kamu itu, kamu bisa klik tombol itu dan di dalemnya ada tools buat nge-manage team kamu itu. Salah satunya, ada fasilitas inviter, buat ngasih tau temen kamu via email buat gabung dan ngisi blog kamu itu bareng-bareng.
10. Yang terakhir adalah "My Blogs", ini sebenernya bukan tombol, tapi kalo kamu nanti punya beberapa Blog, di sebelahnya ada pilihan Blog mana yang saat ini sedang kamu "urusin". Di pilihan ini ada juga pilihan buat bikin blog baru.
11. Ok, sebenernya kehidupan blogging kamu udah bisa survive sampe sini, tapi just in case kamu pengen bikin blog kamu lebih istimewa lagi, beda sama yang lain, kamu harus udah mulai belajar html dikit-dikit. Abis itu kamu cobain deh utak-utik template kamu di halaman template tadi. Buat mulai coba-coba, ganti warna, ganti font atau apa gitu, kamu bisa copy-paste kode html kamu ke notepad trus di save as file html, abis itu kamu bisa coba-coba jadinya. Buat ngedit-ngedit halaman html kamu bisa pake EditPad lite atau EditPlus, walo pake notepad juga bisa. Hasil coba-coba itu nanti bisa kamu copy-paste lagi ke halaman template kamu.
12. Beberapa hal yang ngemudahin kamu, kalo kamu pake template-nya Blogger.com, biasanya dia ngasih tanda-tanda di kode html kamu. Misalnya dia bakal naro tulisan , berarti disitu link-link navigasi di simpen, dan buat tempat isi blog kamu dia misalnya nulis:

13. Tanda antara maksudnya bahwa apapun yang ditulis diantara kedua tag tadi ga akan dibaca sama browser, jadi itu mekanisme nulis petunjuk atau komentar di kode html tapi biar ga dibaca browser
14. Struktur isi blog kamu sendiri sederhananya sih kayak gini:



<$BlogDateHeaderDate$>


<$BlogItemBody$>
posted by <$BlogItemAuthor$> on <$BlogItemDateTime$>




15. Blogger.com bakal nempatin posting-posting kamu diantara tag dan . Dibawah ini keterangan dari arti tag-tag utamanya Blogger.com
16. <$BlogItemBody$> adalah tempat dimana posting kamu bakal keluar, dan karena buat satu hari kamu bisa punya beberapa post, maka biar tiap hari masik berada dalam satu kelompok tanggal, makanya ada dan , diantara ini isinya cuma <$BlogDateHeaderDate$> dan , diantaranya kamu misalnya bisa bikin garis, jadi misahin antara satu post sama post yang lain yang masih dalam satu hari. Tapi kalo kamu ga mau pake juga gapapa. dan bakal diulang hanya kalo ganti tanggal. Sama dengan
17. Buat keterangan dari tag-tag utama Blogger.com lainnya bisa diliat daftar ini:

<$BlogDateHeaderDate$> : Penanggalan Blog
<$BlogItemBody$> : Post-post Blog kamu
<$BlogItemAuthor$> : Nama pembuat kamu, si pembuat post
<$BlogItemAuthorNickname$> : Nickname pembuat post
<$BlogItemAuthorEmail$> : Email pembuat post
<$BlogItemAuthorURL$> : Alamat website pembuat post
<$BlogItemDateTime$> : Waktu blog tersebut di post (formatnya bisa diganti di "Settings")
18. Kamu bisa edit-edit sendiri tag-tag antara dan diatas. Misalnya blog itu punya kamu sendiri, ga ada orang lain yang ngisi, mungkin kamu ngerasa berarti ga usah ditulis lagi dong siapa penulisnya tiap-tiap posting, berarti <$BlogItemAuthor$>, bisa kamu hapus. Hal-hal kayak gitu lah.
19. Buat di Blogger.com-nya sendiri rasanya udah selesai, kamu harusnya sekarang udah cukup mahir buat ngutak-ngatik setting-an blog kamu. Tahap selanjutnya? Lebih banyak lagi asesoris dan pelengkap buat blog kamu. :)





Tahap IV - Isi Blog-nya apa?

Ok, kamu udah punya Blog, dan ga sekedar Blog aja, Blog kamu udah siap ama peralatan yang ngebuat Blog kamu lebih interaktif lagi dan menarik buat yang baca, pertanyaan berikutnya sekarang Blog-nya harus diisi apa?

Jawaban buat pertanyaan ini sebenernya "terserah". Iya terserah aja, ga ada keharusan atau panduan atau mana yang bener dan yang salah soal isi Blog kamu. Kamu mau isi apaaa aja. Bebas. Kamu mau jadiin Blog kamu catatan harian, tempat curhat, tempat maki-maki, tempat kamu nyimpen resume, nunjukkin kejagoanan kalo dalam sebuah bidang, pake nama palsu, apa aja bebas. Ga ada yang larang, after all it is your Blog isn't it? :) Tapi kalo kamu bener-bener bingung, di bawah ini ada beberapa saran untuk memulai.

1. Pertama rasanya kamu butuh tema yang ngebungkus Blog kamu itu. Coba pikir-pikir ada temanya ga? Mungkin kamu mau Blog ini ngebahas soal musik, atau olahraga, atau tentang gosip, atau sinetron indonesia, politik, ekonomi atau apa gitu. Hehe.. Atau tema favorit yang dipakai oleh banyak Blogger, tema-nya adalah diri kamu sendiri. Blog kamu jadi kepanjangan identitas kamu sendiri, jendela ke pikiran kamu, apa yang kamu suka, apa yang kamu ga suka, apa yang kamu rasa dll. Buat yang satu ini akan ngebantu kalo kamu orangnya jujur ama diri sendiri, rada-rada exhibitionist :) dan cueks. Kamu ga masalah orang yang kamu ga kenal tau tentang idup kamu. Jadi tips-nya cuek aja, writes whatever you feel like it, anyway you want it. Mau bahasa inggris, indonesia, jawa, sunda hehe.. whatever, man.


2. Satu hal yang perlu diinget, Blog (kependekan dari WebLog) dalam bentuknya alamiahnya adalah catatan perjalanan atau Log di Web. Karena itu Blog atau Weblog "biasanya" berisikan link-link ke website, artikel, games, quiz atau apa aja di Internet yang menarik buat si Bloggernya yang kemudian di-link di Blognya dan biasanya disertai komentar Bloggernya. It's okay, kalo isi Blog kamu adalah diary kamu doang tanpa ada link kemana-mana kecuali Blog-Blog temen-temen kamu yang kamu mentioned di diary kamu tadi, hanya aja, buat jaga-jaga siapa tau kamu juga pengen ngisi Blog kamu ama link-link ke apa-apa yang lagi "HOT" di Internet maka ada beberapa website yang bisa jadi tempat kamu mulai.

3. Daypop, adalah tempat awal mulai yang cukup "kaya" ama hal-hal baru di Internet yang bisa kamu coba. Daypop sebenernya adalah search engine Blog, artinya dia nge-search sebuah keyword tapi cuma di Blog-Blog aja atau di berita-berita yang di-link oleh Blogger. Yang perlu dikunjungin adalah Daypop Top 40 yang mana adalah daftar 40 hal-hal yang paling banyak di-link oleh Blogger seluruh dunia yang isinya secara dinamis berganti terus dalam itungan menit. Dengan cara ini kamu jadi tau apaan yang lagi banyak (lagi rame) di link ama para Bloggers setiap harinya.

4. Blogdex, Blogdex, atau Blog Index, layanan yang asalnya adalah project yang dibuat sama Lab Media-nya MIT kurang lebih sama dengan Daypop, dia juga ngebuat daftar apa-apa aja link populer yang di muat oleh para Blogger di Blog-Blog mereka. Biasanya banyak isinya yang sama dengan Daypop Top 40, tapi kadang-kadang ada yang bedanya juga.
5. Yang terakhir, MetaFilter atau biasa disingkat MeFi. Metafilter bisa didefinisikan sebagai Blog komunitas dimana isinya adalah link-link ke macam-macam tempat menarik yang ditemukan oleh ribuan anggotanya. Setiap harinya kamu bisa nemuin lebih dari 10 link ke hal-hal yang dianggap menarik oleh penulisnya. Jangan lupain buat baca-baca komentar-komentar dari setiap link itu juga, karena bagian menariknya justru disitu, diskusi yang terjadi bisa jadi witty, sarcastic dan sering kali juga informatif, karena orang nambahin link lain disitu.
tampilan MetaFilter.com

Ocreh deh, inget yang paling penting adalah, bahwa kamu ngisi Blog kamu secara rutin, makin sering kamu isi, makin sering juga kamu bisa latihan ngisinya. Blog yang ditinggalin pemiliknya, misalnya lama ga di-update, biasanya ditinggalin sama pembaca-pembacanya. Makin lama kamu tinggalin biasanya kamu juga makin males untuk mulai ngisinya lagi. Anyway, rasanya kamu udah cukup punya amunisi nih buat mulai ngisi Blog kamu. :) Sip, mulai diisi ya! :D




Tahap VI - Komunitas Blogger

Sekarang kamu udah di tahap akhir ngebangun Blog kamu. Kamu udah punya Blog kamu, udah tau cara nge-configure-nya, udah tau isinya. Apa lagi? Hmm sekarang Blog kamu perlu tahu caranya "bergaul" ama sesama Blogger :D.

Kamu mungkin nanya, apa gunanya bergaul dengan Blog-Blog lain? Hmm ada beberapa jawaban buat pertanyaan ini. Yang pertama, sebagai media yang masih muda, Blog dan Blogger rasanya masing-masing perlu dukungan sesamanya buat makin kuat dan nge-eksis-in dirinya, terutama di lingkungan yang belum terlalu familiar sama Blog itu sendiri kayak di Indonesia untuk nyoba nerangin apa konsepnya, kelebihan-kelebihannya . Dengan adanya komunitas, apa-apa yang perlu dilakukan Blogger secara sama-sama kan lebih gampang dikoordinir.

Kedua, komunitas Blogger, ngemudahin kamu untuk dapet info baru dan minta tolong, kalo kamu butuh bantuan. Siapa tau ada Blogger yang suka sama isi Blog kamu terus dia nawarin buat ngedesainin Blog kamu atau nawarin hostingan gratis? Lumayan kan :D. Trus kalo kamu ada kesulitan-kesulitan yang kamu ga ngerti sama Blog kamu, tulisannya ga keluar, arsip-nya ilang atau apa, kamu bisa nanya ama komunitas kamu.

Ketiga, kamu jadi nambah temen dengan bergaul di komunitas Blogger, dan pengunjung Blog kamu bisa jadi nambah banyak. Temen-temen kamu di komunitas itu kan ntar pada pengen tahu Blog kamu tuh kayak apa, apa aja yang kamu kerjain, apa aja yang kamu tulis di Blog kamu. Otomatis dong, pengunjung Blog kamu jadi tambah banyak yang hasil akhirnya, kamu jadi makin rajin ngisi Blog kamu, karena kamu ga pengen ngecewain temen-temen kamu tadi.

Ada beberapa komunitas Blogger Indonesia saat ini, sebagian besar selain berkomunikasi di Blog, mereka berkomunikasi di media lain seperti mailing list dan IRC. Ada dua mailing list Blogger Indonesia yaitu Bloggerian (53 member) dan Blogbugs (77 member), kamu bisa gabung di dua-duanya. Trus di IRC ada 3 channel Bloggers, tiga-tiganya di dalnet, yaitu #Blogger, #Bloggerian dan #Bloggerz.

Website yang ngemuat daftar Blogger Indonesia pertama adalah indo.blogs sekarang ada sekitar 80-an Blog Indonesia yang kedaftar disitu, daftar Blog lainnya bisa diliat di Blog-nya Udhien, bagian yang namanya BlogBuggerz yang memuat 91 website. Daftar Blog indo lainnya adalah Direktori Weblog Indonesia, sedang Blog komunitas pertama Indonesia adalah MSN.or.id yang sayangnya beberapa bulan terakhir ini tidak lagi seaktif dulu.

Buat mulai bergaul, kunjungin Blog-Blog diatas, notices Blog-Blog yang kamu suka, desainnya atau isinya atau warnanya :). Isi komen-komen, tag-board atau guestbook yang disediakan oleh pemiliknya, komen atau guestbook biasanya menyediakan link yang bisa kamu isi. Jangan sungkan isi dengan alamat Blog kamu, karena biasanya Blogger senang melihat Blog baru dan berkenalan dengan mereka yang telah mengisi guestbook atau memberi komen di Blog mereka, apalagi yang isinya pujian :). Pasang alamat Blog kamu di "signature" email kamu, jadi tiap kali kamu ngirim email, kamu juga promosiin Blog kamu biar orang pada datang. Tunjukkin kalo kamu punya Blog dan proud of it. :)

Trus kalo kamu mau, kamu juga tentu aja bisa bergabung di mailing list-nya para Blogger tadi buat bergaul lebih akrab lagi, atau chatting di channel-channel Blogger. Kamu bisa mengharap buat ketemuan langsung dengan para Blogger ini dalam gathering-gatheringKONFERENSI yang suka diadakan. Blogbugs Jakarta telah tiga kali melakukan gathering hingga saat ini, dan naga-naganya akan lebih banyak lagi dalam masa-masa yang akan datang. Bloggers Yogyakarta juga telah berhasil mengadakan gathering pertama, dan mungkin suatu hari nanti, Bloggers bisa mengadakan




Tahap VII- Membuat Read More....

Banyak yang nanya bagaimana memotong postingan di blogspot dengan kata “baca selengkapnya..” atau “read more..” sehingga yang tampil di halaman depan hanya separuh postingan dan postingan lengkap akan muncul apabila link “baca selengkapnya..” atau “read more..” di klik.

mas, mau nanya boleh? saya dah lama penasaran sama yg namanya kode untuk mempersingkat postingan….yang biasanya berbunyi : “read more” atau “cerita selengkapnya..”. soalnya kalo ga digituin puanjaaaang…suka pusying. makasih loh. ditunggu jawabannya.


Sebenarnya fasilitas ini nggak ada di blogger/blogspot, tapi kalo kamu pake wordpress fasilitas ini udah ada, cukup klik dimana kamu pengen memotong postingan, kemudian klik icon SPLIT POST USING READ MORE TAG.

Tutorial secara manual....

  1. Kita buka blog kita yang ada di blogger
  2. Klik posts
  3. Klik edit posts
  4. Buat posts baru dan isi dengan 1/2 berita yang akan kita tampilkan
  5. Dibagian paling bawah berita tadi ketik Read More......
  6. Dan buka bagian menu edit html yang telah tersedia di tempat posting tersebut
  7. Setelah itu ......cari tulisan Read More...... sebelum Read More kita ketik...... Read More.......
  8. http://baek.blogspot.com/2007/04/hidup_9371.html ( alamat dimana berita tersebut ditampilkan ) untuk mengetahuinya kita harus buka edit posts dan sorot berita yang kita tampilkan..... * klik kanan pada bagian view (berita yang di tampilkan tadi <"baek.blogspot.com/2007/04/hidup_9371.html"> Read More.......
  9. Setelah itu kita Compose - PUBLISH POST
  10. Untuk memastikan Read More berfungsi kita atur ulang setting - formatting - kita ganti shownya kita ganti 1 posts kita save
  11. Coba liat tampilan blog anda yang terbaru di View



Tutorial Menggunakan Css....

Untuk pengguna blogspot, berikut ini langkah modifikasi yang bisa dilakukan. Trik ini menggunakan css untuk menyembunyikan sebagian post, sehingga hanya bagian yang diinginkan saja yang tampil di halaman depan.

Pertama buka template blogger kamu, kemudian tambahkan CSS berikut, CSS biasanya terletak di antara tag


span.Read More {display:none;}






span.Read More {display:inline;}




Dengan style ini, kita membuat sebuah class di css dengan nama “Read More” dan hanya akan tampil ketika postingan berdiri sendiri (post page). Sebagian dari berita akan menggunakan class ini seperti yang akan saya jelaskan kemudian.

Langkah kedua adalah menambahkan kode untuk menampilkan link “baca selengkapnya…” tambahkan kode berikut setelah kode < $BlogItemBody$> pada template kamu:


Read More




Kamu bisa mengganti tulisan “Read More..” dengan kata lain yang kamu suka!

Setelah mengkopi kode-kode diatas kedalam template kamu, Save Template dan Republish.

Langkah terakhir adalah melakukan modifikasi setiap kali kamu membuat postingan. Ketika membuat berita yang akan dipotong, selalu gunakan mode Edit Html bukan Compose mode , dan tambahkan kode seperti contoh berikut ini:

Ini adalah awal postingan dan akan dipotong disini. Ini adalah akhir postingan saya

maka akan menghasilkan sebuah postingan seperti ini:

Ini adalah awal postingan dan akan dipotong disini Read More.....

ketika link di klik maka akan menampilkan postingan secara penuh seperti ini:

Ini adalah awal postingan dan akan dipotong disini. Ini adalah akhir postingan saya.

Selamat mencoba !




Tahap VII - Asesoris BLOG

Oke sekarang kamu sudah punya Blog, buat curhat dan actually, Blogging aja sih kamu udah bisa, dan kalo kamu udah ngerasa cukup dan Blog kamu itu emang buat kamu pribadi ya sampe disitu aja gapapa. Tapi buat kamu yang masih ngerasa ga puas sama Blog kamu dan pengen ngasih fungsi lain, biar Blog kamu lebih interaktif maka dibawah ini ada beberapa tools gratisan di internet yang juga bisa kamu tambahin di Blog kamu. Catatan: ada alternatif-alternatif lain dari tools yang di list di bawah ini. Yang dibawah ini dipilih karena layanannya gratis dan relatif ga susah buat dipake, tapi cukup handal. Fasilitas ngasih komentar/komen. Yang satu ini cukup vital dalam sebuah Blog, dengan fasilitas ini, setiap posting yang kamu buat bisa dikomentari sama orang yang bacanya. Dengan adanya fasilitas ini di Blog kamu, Blog kamu jadi lebih interaktif karena ngajak orang buat ngasih komentar/masukan/kritikan dll, untuk setiap post yang kamu buat dan kamu juga jadi tau apa yang orang lain pikirin tentang post yang kamu buat itu.


Ada beberapa fasilitas gratisan yang bisa dipake, misalnya YACCS yang paling populer, sayang dia cuma nerima 100 pemakai baru tiap harinya, dan yang mau daftar harus ngantri. Tiap 6 jam sekali dia nerima 25 pendaftar baru, kamu harus cepet-cepetan ama orang lain.

Atau kalo ga pake YACCS kamu bisa juga pake Enetation (smiley-nya lucu) atau Netcomments yang dua ini nerima pendaftaran kapan aja. Untuk yang pengen tau tempat-tempat fasilitas komenting yang lain bisa liat tulisannya Udhien di Blognya tanggal 30 July. YACCS, ngasih fasilitas otomatis nambahin comment di Blog kamu, kamu tinggal masukin username sama password Blogger.com kamu aja. Sedang Enetation sama Netcomments kamu perlu copy-paste script mereka di kode html kamu. Pasang diantara dan supaya keluar di setiap posting. Ikutin aja instruksi mereka, pasti selamet. :)Guestbook, seperti namanya, guestbook alias buku tamu adalah tempat di Blog kita dimana pengunjung bisa ninggalin pesan buat kita baca. Biasanya kalo udah ada fasilitas ngasih komen, maka di guestbook-nya pengunjung ninggalin pesan yang sifatnya lebih general ke seluruh Blog dan ga ke satu post aja. Misalnya, desainnya bagus, atau isinya bagus atau juga salam kenal :). Yang ngasih fasilitas gratisan guestbook salah satunya adalah "Sign my guestbook.com", lumayan, karena mereka ngasih hampir full customization tampilan guestbook kita atau kamu bisa juga pilih salah satu dari templatenya.Satu mainan lain yang biasanya dipunyain sama Blogger adalah Tag-Board atau Chat-Board. Yang satu ini sifatnya kayak ngasih fasilitas chatting di Blog kamu, orang bisa ngasih komen pendek, kayak say hi! atau apa kabar yang sifatnya umum. Sayang, yang diomongin orang ga bisa diarsipin, jadi yang udah ditulis, ya udah lewat aja, ga bisa kamu save (rasanya :)), buat yang pengen yang ginian bisa pake Tag-Board atau Chatter
[Photo] dari flooble. Sign up di website mereka trus pasang skrip yang mereka sediain di tempat yang kamu pengen di Blog kamu.Hal lain yang penting juga adalah Website Counter. Kamu pengen tau kan udah berapa orang yang datang dan baca Blog kamu? Nah kalo kamu pasang counter, kamu jadi tau dan tergantung counter-nya juga, selain kamu tau berapa orang yang udah dateng, kamu juga bisa tau dari website mana mereka datengnya dan berapa lama mereka di Blog kamu.

Ada banyak counter gratisan di Internet, salah satu yang worth to try adalah SiteMeter. Sign up trus pasang skrip counter mereka di Blog kamu, kamu bisa liat visitor Blog kamu ditampilin secara grafik, per minggu, per bulan per tahun. Mereka juga nampilin referral ke Blog kamu, artinya yang dateng ke Blog kamu tuh dapet ngeklik dimana, dan kamu juga bisa liat detail pengunjung kamu, kayak IP mereka (walo ga ngaruh juga, belum tentu tau siapa yang dateng kalo cuma dari IP), berapa lama mereka di Blog kamu, pake System Operasi apa, Windows, Mac atau apa. Pake Browser apa, Internet Explorer versi 5 atau Opera dll. Lumayan keren SiteMeter. Kalo kamu ga puas ama desain Blog kamu sekarang, dan kamu males pake templatenya Blogger.com trus belum ada waktu buat ngutak-ngatik sendiri, jangan kuatir, ada layanan lain yang ngasih desain gratis buat Blog kamu. Blogskins, seperti namanya ngasih layanan buat kamu yang mau ganti "skin" Blog kamu. Trus ga susah lagi, mirip kayak ganti template di Blogger.com. Sign up, kamu pilih skin yang kamu mau (saran, mulai dari top skin yang di download di kanan bawah), kamu jangan kuatirin kode-kode html, tinggal masukin data username sama password Blogger kamu, ntar Blogskins yang gantiin "kulit" Blog kamu. :) Gampang kan.

Oke cobain aja, tapi jangan lupa, kalo udah ada link atau apa-apa yang kamu tambahin di Blog kamu, di save dulu, karena bakal ilang tambahan kamu itu tadi, karena defaultnya si Blogskins itu bakal ngasih kamu template standar.Apa lagi? :) Blogrolling! Blogrolling nih adalah istilah buat daftar link di Blog kamu ke Blog-Blog lain yang kamu baca atau Blog-Blog lain yang kamu kenal. Rata-rata Blogger nge-list Blog-Blog lain yang mereka suka di Blog mereka. Masalahnya kan repot kalo tiap-tiap nambahin Blog harus ngutak-ngatik HTML-nya lagi. Nah kalo pake Blogrolling kamu tinggal masang kode scriptnya dia di tempat yang kamu mau di Blog kamu, abis itu udah deh, tiap kamu mau nambah atau ngedit link, kamu tinggal masuk ke websitenya dia dan nambah/ngedit disitu, dan ntar link di Blog kamunya juga otomatis berubah. Fasilitas ini bisa juga dipake ga buat list Blogger aja, tapi list link ke website yang kamu suka juga bisa.Blogchalking adalah fasilitas lain yang bisa dicoba juga. Gunanya si Blogchalking ini sebenernya cuma tanda aja supaya orang lain gampang tau tentang diri kamu. Kalo kamu masang si "kapur" ini, orang lain ga perlu susah-susah nyari tau tentang kamu, mereka bisa tau, dimana kamu tinggal, nama dan kebiasaan-kebiasaan lain. Intinya kurang lebih sama dengan Blogcode.

Kamu yang ngegunain Blog kamu buat ngemaki-maki orang :) ya jangan ngisi Blogchalking kamu ama keterangan yang bener hehe.. Sign up di websitenya mereka, dan ikutin instruksinya.Kalo kamu ga ngisi Blog kamu tiap hari, sedang penggemar yang baca Blog kamu udah ada yang ngeluh, karena mereka terpaksa :) ngecek Blog kamu tiap hari buat meriksa udah ada posting yang baru atau belum? Maka kamu perlu pasang Bloglet. Bloglet ini gunanya ngasih form pendaftaran dimana mereka yang MAU, bisa ngisiin alamat email mereka, dan setiap kali kamu buat posting-an baru di Blog kamu, mereka bakal dikasih tau lewat email. Nah berguna kan, jadi penggemar-penggemar kamu ga usah repot-repot meriksain Blog kamu tiap hari. Tapi kalo kamu ampir tiap hari ngisi jangan ya terus maksa temen-temen kamu buat ngedaftarin email mereka, karena... ya buat apa juga! :DKalo tulisan kamu udah banyak di Blog kamu, kamu mungkin mau cobain pasang search engine supaya orang bisa "nge-search" Blog kamu. Jadi kalo ada visitor yang pengen tau apa kamu pernah cerita tentang Nafa Urbach (misalnya) di Blog kamu, dia bisa search pake tools yang kamu sediain itu. Kunjungin FreeFind buat dapet search engine Blog kamu gratisan. Sign Up, ikutin petunjuknya, dan ga lama kemudian Blog kamu udah bisa di search.Yang terakhir tapi bukan penghabisan, Blogsnob. Apa gunanya Blogsnob ini? Blogsnob gunanya buat promosi tentang Blog kamu. Intinya sih tukeran iklan, jadi Blog kamu bakal nampilin iklan-iklan Blog orang lain, dan Blog mereka juga bakal nampilin iklan kamu. Tenang, cuma iklan Blog doang kok, dan bentuknya Text Ad, jadi bukan Banner Ad yang males ngeliatnya juga. Jadi cuma berupa link doang yang tampilannya bisa kamu rubah-rubah sendiri. Sejalan ama makin berkembangnya Blogworld atau Blogville ini, kayaknya bakal makin banyak orang yang bakal ngasih fasilitas gratisan buat nge-Blog atau ngegampangin orang buat nge-Blog. Jadi mungkin bakal banyak lagi tools gratisan yang fungsinya belum kepikiran sekarang yang bisa kamu tambahin nanti-nanti lagi di Blog kamu. Rajin-rajin aja ngeliatin Blog orang, dan kalo ada fasilitas Blog yang kamu anggap menarik, jangan sungkan-sungkan buat nanya gimana caranya kalo kamu pengen juga punya "yang kayak begituan". Atau kamu bisa juga coba klik link ke website yang nyediain fasilitasnya, karena biasanya sih ada link balik ke si penyedianya. Sip! berarti di tahap ini Blog kamu udah full features, udah cantik dan udah lengkap mainan-mainannya buat bergaul di dunia Blogger :D. Terusin ke tahap berikutnya buat cari tau tentang dunia Blogger tadi.

No comments: